Senin, 23 April 2012

makna sumpah pemuda


Makna Sumpah Pemuda
Sumpah pemuda yang di ikrarkan pada tanggal 28 oktober mempunyai makna tersendiri.Adapun makna dari sumpah pemuda antara lain sebagai berikut.
1.Bertanah Air Satu,Tanah Air Indonesia
Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri atas beribu-ribu pulau,baik pulau besar maupun kecil.Pulau-pulau tersebut tidak berdiri sendiri-sendiri,merupakan kesatuan wilayah.
2.Berbangsa Satu,Bangsa Indonesia
Pulau-pulau yang membentang dari sabang sampai merauke ternyata memiliki beratus-ratus suku bangsa.Setiap pulau memiliki suku bangsa yang berbeda dengan pulau lain.Kita mengenal adanya suku jawa,suku madura,suku batak,suku bali,suku badui,suku dayak dan lain-lain.Suku-suku bangsa tersebut memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda,namun mereka adalah satu bangsa yaitu bangsa indonesia.
3.Berbahasa Satu,Bahasa Indonesia
Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda-beda.Salah satu kebudayaan setiap suku bangsa adalah adanya bahasa daerah.Bahasa daerah yang dimiliki oleh bangsa indonesia beragam dan banyak sekali.Bahasa daerah di setiap suku bangsa memiliki ciri khas dan arti tersendiri.Meskipun demikian bahasa pemersatu tetap bahasa indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar